RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
5 / 1
Pelajaran :
Skala dan Denah
Sub
Pelajaran : Pengertian Skala dan Denah
Pertemuan : 1
Alokasi waktu :
90 menit
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4. Menjelaskan skala melalui denah
|
3.4.1. Memahami dan mengenal skala
melalui denah
|
4.4. Menyelesaikan masalah
yang
berkaitan dengan skala pada denah
|
4.4.1.
Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah berkaitan
dengan skala pada denah
|
C. TUJUAN
- Melaui penjelasan guru siswa mampu memahami dan mengenal skala melalui denah
- Melalui berbagai latihan siswa Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala pada denah
D. MATERI
- Pengertian Skala dan Denah.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Mengamati
2. Mengetahui pengertian dari skala dan denah.
B. Menanya
1.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang
disampaikan
2.
Siswa
menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang skala dan denah.
3.
Guru
menjelasakan pertanyaan siswa.
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang skala
dan denah.
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan
hasil diskusi tentang skala dan denah dengan bimbingan guru.
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat
kesalahan atau kekurangan pada siswa.
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang skala
dan denah.
(Communication)
D. Mencoba
1.
Guru
memberikan soal latihan yang berkaitan dengan skala dan denah kepada siswa.
·
Tentukan skala yang terdapat
gamabr peta dibawah ini!
2.
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3.
Guru
menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas
secara bergantian
Hasilnya;
·
Skala dari
gambar peta tersebut adalah 1: 750.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
E. Mengkomunikasikan
(Communication)
|
65 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari skala dan denah.
2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan
motivasi
3. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
4.
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Kelas 5 dan
Buku Siswa Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2016).
2.
BSE KTSP
3.
Software Pengajaran kelas 5 SD/MI
dari JGC
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
Catatan : Soal dapat dikembangkan oleh guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Aidha Zalidar Mirza, S.Pd, MM
|
Bekasi, Juli 2017
Guru Matematika Kelas 5 ,
Imam Santoso, S.Si, MM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar